Penyebab dan gejala kelumpuhan pada Ayam Broiler Dan Cara Menyembuhkannya

PETERNAKAN

Penyebab kelumpuhan pada Ayam Pedaging Dan Cara Menyembuhkannya

Penyakit Lumpuh Pada Ayam Broiler – Ayam broiler atau masyarakat lebih mengenal dengan sebutan ayam pedaging adalah salah satu jenis ayam yang diternakkan atau yang dipelihara untuk dapat menghasilkan dagingnya saja. Para peternak ayam broiler tentunya ingin mendapatkan hasil produktivitas daging yang maksimal dan dalam waktu yang relatif singkat. Baca Juga : cara pembuktian jantan dan betina pada ikan arwana

Namun, perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan produktivitas daging ayam broiler maksimal dan dalam waktu yang relatif singkat maka akan menimbulkan beberapa penyakit pada ayam broiler tersebut, terutamanya adalah penyakit kelumpuhan.

Penyakit kelumpuhan banyak menyerang ayam broiler yang berumur satu bulan keatas. Penyakit kelumpuhan bisa terjadi akibat dari faktor keturunan ataupun karena tatalaksana pemeliharaan yang kurang tepat. Yang dimaksud tatalaksana pemeliharaan yaitu pemberian pakan untuk ayam broiler dengan nutrisi yang kurang sempurna. Hal ini sering sekali dijumpai karena para peternak ayam broiler cenderung mengejar bobot badan dalam waktu singkat dengan cara memberikan ransum yg mempunyai tingkat kadar karbohidrat dan lemak tinggi sementara kebutuhan protein, mineral dan vitamin-vitamin yang lainnya kurang diperhatikan. Sebenarnya untuk membantu pertumbuhan tulang dan saraf ayam broiler banyak sekali memerlukan vitamin dan mineral, sementara untuk pertumbuhan otot ayam broiler memerlukan banyak protein.
Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa hal penyebab dari terjadinya kelumpuhan dan gejala klinis serta cara menyembuhkan kelumpuhan pada ayam broiler atau ayam pedaging

Baca juga mengenai:

A. Penyebab kelumpuhan pada Ayam Pedaging
  1. Penyakit yang menyerang pada tubuh ayam Broiler
  2. Apabila tubuh ayam broiler tersebut sudah terkena penyakit tentu saja penyerapan nutrisi dalam tubuh ayam broiler menjadi terganggu. Akibatnya ayam broiler / pedaging tersebut mengalami kekurangan gizi yang diperlukan. 

  3. Kandungan nutrisi dalam ransum / Pakan Ayam Broiler
  4. Kandungan karbohidrat dan lemak yang terlalu tinggi sedangkan kandungan protein, mineral, dan vitamin yang rendah sangat tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh ayam broiler. Hal ini akan menyebabkan penimbunan lemak dalam tubuh ayam broiler sedangkan pertumbuhan otot-otot dan kerangka menjadi lemah. Akibatnya kaki ayam broiler menjadi lumpuh / lemah karena tidak kuat menahan bobot badan yang terus bertambah. 

  5. Rachitis pada Ayam Broiler
  6. Rachitis pada ayam pedaging menunjukan tanda-tanda seperti paruh ayam menjadi lunak, kaki yang bengkok, tulang yang salah bentuknya, gaya ayam berjalan kaku, keseimbangan tubuh kurang sempurna, bulu terlihat kusam dan angka kematian yang sangat tinggi.
Baca juga artikel lainnya:

B. Gejala klinis dan cara mengatasi kelumpuhan pada ayam broiler
  • Sendi pada kaki membengkak dan ayam broiler malas untuk berdiri
    Penyakit Lumpuh Pada Ayam Broiler atau ayam pedaging
  • Hal ini biasa terjadi pada ayam broiler yang berumur 2 minggu karena ayam pedaging kekurangan unsur mineral. Maka akibatnya sendi kaki ayam ini semakin membesar sehingga kaki menjulur kedepan dimana posisi sendi menahan alas lantai.

    Cara menyembuhkannya : Air minum atau ransum diberi mineral extra

  • Kaki ayam broiler sebelah kanan atau kiri menjulur keluar sebatas sendi akibat dari pertumbuhan sendi yang tidak sempurna
    Gejala klinis dan cara mengatasi kelumpuhan pada ayam broiler

  • Cara menyembuhkannya: Kurangi pemberian untuk ayam broiler unsur-unsur seperti karbohidrat dan lemak. kemudian tambahkan unsur mineral seperti Ca, P dan D3. 

  • Kedua kaki ayam broiler melebar kesamping kanan dan kiri
    Awalnya ayam broiler terlihat sempoyongan, ketika berjalan nampak kaku, dan bahkan rebah. ini terjadi karena ayam pedaging kekurangan unsur mineral seperti seng, mangan dan vitamin (A dan B)
    Penyebab kelumpuhan pada Ayam Pedaging atau ayam broiler

  • Keadaan kaki ayam terlihat lemah
  • Hal ini sering sekali terjadi pada waktu ayam broiler berumur 25 hari keatas karena memiliki laju pertumbuhan yang sangat cepat dan laju pertumbuhan ini tidak seimbang dengan kekuatan kaki yang menahan berat badan, akibatnya ayam pedaging tersebut menjadi lumpuh.

    Cara menyembuhkannya: tambahkan feed suplemen vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh ayam broiler kedalam ransum
Demikianlah uraian singkat mengenai penyakit lumpuh pada ayam broiler /ayam pedaging, dan cara menyembuhkan kelumpuhan pada ayam broiler, semoga informasi peternakan ini bermanfaat bagi kita semua. data ini kami rangkum dari beberapa sumber

Belum ada Komentar untuk "Penyebab dan gejala kelumpuhan pada Ayam Broiler Dan Cara Menyembuhkannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel