jenis-jenis sapi yang sangat cocok untuk dibudidayakan


KUMPULAN JENIS-JENIS SAPI DAN CIRI-CIRINYA


1. Sapi Aceh
Kumpulan jenis sapi yang sangat cocok untuk dibudidayakan

Sapi aceh merupakan sapi khas dari daerah Nanggroe Aceh Darussalam, sapi penghasil daging ini juga bukan varietas asli dari sapi karena sapi penghasil daging ini kebanyakan adalah hasil dari persilangan antara varietas bos sundaicus dengan varietas sapi zebu yg mempunyai ciri berpunuk dan bergelambir.

Jenis sapi ini memiliki daya tahan tubuh yang kuat, jenis sapi ini juga mampu beradaptasi terhadap lingkungan tropis dengan sangat baik, sapi pedaging ini juga bisa tetap hidup terhadap pakan yang kualitas jelek, jenis sapi pedaging ini juga memiliki produktivitas yang sangat baik sehingga mudah untuk diternak atau dipelihara.

2. Sapi Madura
18 jenis sapi yang sangat cocok untuk dibudidayakan atau dipelihara

Sapi madura adalah hasil dari persilangan antara sapi bali dengan sapi zebu yg memiliki punuk, Sapi madura juga termasuk sapi penghasil daging yang sangat baik, sapi madura ini bukanlah varietas sapi asli. jenis sapi ini juga cukup tahan terhadap penyakit dan memiliki daya tahan akan ceplak dan kutu. Selain itu sapi ini juga memiliki ketahanan tubuh yang kuat akan cuaca tropis.

3. Sapi Bali
18 jenis sapi yang sangat cocok untuk dibudidayakan atau dipelihara

Jenis Sapi ini termasuk golongan sapi dengan bobot badan menengah. sapi ini indentik dengan warna hitam untuk jantan dan warna merah bata untuk yang betina, Sapi bali yang jantan memiliki warna didominasi oleh warna hitam dan warna putih dibeberapa bagian tubuh seperti di kaki bawah dan belakang, moncong. Warna hitam yg ada pada jantan bisa saja berubah pada situasi atau keadaan tertentu seperti saat sapi penghasil daging ini dikebiri.

Baca Juga:
4. Sapi Ongole
18 jenis sapi yang sangat cocok untuk dibudidayakan

Jenis Sapi yang satu ini merupakan salah satu varietas sapi zebu atau sapi berpunuk, jenis sapi ini merupakan sapi yang berasal dari india. 
Ciri-Ciri Sapi Ongole
Sapi ini berwarna kulit putih dan warna keabu-abuan, jenis sapi yang satu ini juga memiliki punuk yang cukup besar dan badan yg bergelambir dengan bobot badan sekitar 450 kg. Saat ini sapi ongole banyak disilangkan dengan sapi lokal/ sapi jawa sehingga ada istilah sapi PO ( peranakan ongole ) sapi hasil dari perkawinan silang ini mirip dengan sapi ongole walaupun agak sedikit kecil.

5. Sapi Belgian blue
jenis dan ciri-ciri sapi yang sangat cocok untuk dipelihara atau dibudidayakan

Jenis Sapi ini berasal dari belgia, sapi belgian blue sangat terkenal dengan struktur badannya yang berotot lebih menonjol dari pada jenis-jenis sapi yang lain.

di beri nama Blue kepada sapi ini karena corak dari warna kulit sapi ini lebih banyak di dominasi oleh warna biru, selain itu warna yg familiar ada di sapi pedaging ini yaitu Belgian White and Blue Pied, Belgian Blue-White, Belgian White Blue, Blue Belgian, Blue. bobot badan jantan dewasa bisa mencapai berat sekitar 1250kg untuk ketinggian 1.45 meter - 1.50 meter. sedangkan bobot badan untuk Sapi Belgian blue betina dewasa bisa mencapai berat badan 850 kg - 900kg dan tinggi badannya dapat melebihi 1,40 meter.

6. Sapi Droughtmaster
jenis dan ciri-ciri sapi yang sangat cocok untuk dipelihara atau dibudidayakan

Sapi jenis ini merupakan jenis sapi pedaging yang dihasilkan dari hasil persilangan antara varietas sapi Zebu melbourne ( sapi berpunuk ) and Bos taurus, zero melbourne yaitu varietas sapi pedaging yang berasal dari australia. sapi droughtmaster masuk dalam jenis sapi pedaging ukuran menengah dengan warna tan dan kemerahan.

7. Sapi Murray Grey
jenis dan ciri-ciri sapi yang sangat cocok untuk dipelihara atau dibudidayakan

Jenis sapi ini merupakan hasil persilangan antara sapi abedeen angus dan sapi shorthorn. Jenis sapi yang satu ini sangat terkenal dengan postur badan yang sangat cepat besar apa bila kita bandingkan dengan jenis sapi pedaging yang lain sehingga pemasaran sapi pedaging ini akan sangat menarik konsumen.

8. Sapi Pinzgauer
jenis-jenis sapi yang sangat cocok untuk dipelihara atau dibudidayakan

Sapi pinzgauer ini memiliki ciri-ciri dengan warna dasar cokelat gelap dan jenis sapi ini juga mempunyai tanda khas putih di belakang, panggul dan bagian, kaki depan dan betis, Bobot badan sapi pingzgauer jantan dewasa bisa mencapai hingga 2200 lbs dan untuk yang betina dewasa sekitar1000 lbs – 1600 lbs. selain itu bulu sapi Pinzgauer ini cukup halus dan kulit fleksibel yang dapat berguna untuk mencegah infeksi yang disebabkan oleh serangga. 

Baca Juga:

9. Sapi Parthenais
jenis-jenis sapi yang sangat cocok untuk dipelihara atau dibudidayakan

Sapi jenis ini sama seperti sapi limousin, Sapi parthenais ini juga termasuk salah satu sapi tertua, sapi jenis ini berasal dari perancis dan sapi Parthenais masih dikembangbiakan hingga saat ini. sapi Parthenais ini mempunyai tingkat rasio otot daging tulang yg sangat sempurna jika dibandingkan dengan sapi jenis lain, terlebih sapi parthenais ini sangat terkenal dengan sapi yg hanya memiliki sedikit sekali lemak.

Karakteristik sapi parthenais
  1. Sapi parthenais memiliki daya tahan tubuh yang kuat.
  2. Memiliki kaki yang kuat dan keras.
  3. Genetik subur sehingga mudah dikembang biakan.
  4. Memiliki double otot dihampir seluruh badannya.
  5. Kualitas daging sapi bagus untuk dikonsumsi.
  6. Sangat cocok untuk dijadikan sapi pedaging dan sapi perah.
  7. Kandungan kolestrol didalam daging lebih rendah.
  8. Sapi Parthenais jantan dewasa bisa memiliki berat badan sekitar 1.250kg.
10. Sapi Braford
jenis-jenis sapi yang sangat cocok untuk dipelihara atau dibudidayakan

Sapi Braford ini pertama kali diternak di amerika khususnya di daerah florida yang memiliki keadaan iklim panas hampir sama seperti iklim sapi brahma, jenis sapi ini merupakan hasil dari persilangan antara sapi brahma dan sapi hereford sehingga sapi braford mempunyai karateristik seperti kedua jenis indukannya yg sangat kuat.

11. Sapi Aberdeen Angus
jenis-jenis sapi yang sangat cocok untuk dipelihara

Sapi jenis ini termasuk tipe sapi pedaging, sapi yang satu ini yang awalnya berasal dari negara skotlandia yang kemudian berkembang di beberapa negara eropa termasuk austria dan inggirs. 

Karakteristik Sapi Aberdeen Angus
  • Warna hitam dengan postur badan yang sangat besar, 
  • Mempunyai kualitas daging yang sangat baik 
  • mempunyai daya tahan tubuh yang sangat baik
12. Sapi Dexter
jenis-jenis sapi yang sangat cocok untuk dipelihara

Jenis Sapi ini berasal dari irlandia, Sapi Dexter merupakan salah satu jenis sapi pedaging dengan bobot tubuh kecil, karena ukuran tubuhnya yang relatif kecil sehingga sapi Dexter ini sering di sebut “the poorman cow”. rata-rata bobot sapi jenis ini 300 kg hingga 350 kg dengan tinggi 170 centimeter, Sapi Dexter memiliki 3 warna khas pada bulu yaitu abu-abu keemasan, warna hitam dan coklat

13. Sapi Hereford
jenis-jenis sapi yang sangat cocok untuk dibudidayakan atau diternak

Jenis sapi potong yang pertama kali dikembangbiakan di inggris yaitu sapi hereford jenis sapi yg cukup besar malah dulu bobot sapi jenis ini lebih besar dari keturunan sapi hereford yang ada sekarang ini, sapi jenis ini masih memiliki berat badan ideal sekarang ini walaupun itu tidak sebesar seperti dulu, bobot sapi hereford jantan dewasa dapat mencapai hingga 1.800 pound dan rata-rata berat sapi hereford betina sekitar 1.200 pound.

14. Sapi Brangus
18 jenis sapi yang sangat cocok untuk dibudidayakan atau diternak

Sapi brangus yaitu sapi yang berasal dari hasil persilangan dua sapi yg mempunyai genetika yang sangat bagus yaitu sapi aberdeen angus dan sapi brahman. yang jantan dewasa memiliki bobot tubuh sekitar 1800 hingga 2200 pound dan betina dewasa bobot tubuh sekitar 1.200 pound. sapi brahma mempunyai daya tahan tubuh yang sangat bagus sehingga jenis sapi ini tidak retan terhadap serangan penyakit dan virus. Sedangkan jenis sapi aberdeen angus merupakan jenis sapi pedaging yang sangat terkenal dengan kualitas daging mentahnya.

15. Sapi Beefalo
18 jenis sapi yang sangat cocok untuk dibudidayakan atau diternak

Sapi Beefalo merupakan sapi hasil dari persilangan antara sapi lokal amerika dan bison amerika yg mempunyai ukuran tubuh atau bobot tubuh yang sangat besar sehingga menciptakan ras sapi berukuran besar. kelebihan dari sapi jenis ini yaitu memiliki kulit yg sangat tebal seperti bison sehingga sapi ini dapat beradaptasi dengan cuaca dingin yang ekstrim sekalipun.

16. Sapi Brahman
18 jenis sapi yang sangat cocok untuk dibudidayakan atau diternak

Sapi Brahman yaitu jenis sapi yang berasal dari negara India. jenis sapi ini kemudian mengalami suatu pengembangan yg lebih baik di peternakan negara Amerika. pada awalnya sapi yg sangat terkenal dengan sapi pedaging besar mempunyai bentuk tubuh yang sangat gemuk, namun setelah melalui perkembangan yg dilakukan di Amerika yang kemudian menghasilkan jenis sapi brahman yang cukup besar dan juga gemuk. setelah menghasilkan postur yg ideal, maka kegiatan pengiriman sapi jenis ini di pasar komoditas seluruh dunia sangat laku keras, termasuk juga di negara Indonesia. Sapi Brahman memang diakui salah satu sapi pedaging terbaik dalam bisnis ternak sapi khususnya sapi potong.

Ciri-Ciri Sapi Brahma
  • Memiliki punuk yang cukup besar 
  • Mempunyai kulit yang menjuntai lebar khas sapi zebu dari asia. 
  • Memiliki bobot tubuh yang cukup besar diatas rata rata sapi jenis lainnya, 
  • Sapi Brahman ini mampu mencapai ukuran bobot tubuh diatas 1 ton.

Baca Juga:

17. SAPI BRAHMAN CROSS (SAPI BX)
18 jenis sapi yang sangat cocok untuk dibudidayakan atau diternak

Sapi Brahman Cross adalah hasil dari persilangan Sapi Brahman dari negara Amerika dengan sapi dari Australia seperti Shorthorn dan Hereford. Selain dari kedua jenis sapi tersebut, Ada beberapa peternak lain di negara australia yg mencoba untuk menyilangkan antara sapi brahman dengan Sapi Droughmaster.

18. Sapi Simental (Metal)
18 jenis sapi yang sangat cocok untuk dibudidayakan atau diternak
Sapi simmental merupakan jenis sapi yang berasal dari negara swiss. di indonesia jenis sapi ini disebut dengan nama sapi metal, jenis sapi ini manjadi salah satu primadona bisnis untuk penggemukan sapi.
Bobot tubuh tergolong cukup besar, lebih unggul apabila dibandingkan dengan sapi lokal indonesia. Sapi Simental pejantan bisa mencapai bobot tubuh 1200kg dan betina bisa mencapai bobot tubuh hingga 800kg.

19. Sapi Limosin (Limousin)
18 jenis sapi yang sangat cocok untuk dibudidayakan
Jenis sapi ini berasal dari Perancis yang merupakan sapi tipe sapi pedaging. Selain itu sapi limousin ini merupakan bangsa bos taurus yg memiliki bentuk tubuh yang sangat besar dengan perototan yg sama baik dengan jenis sapi simental. Sapi Limousin ini mempunyai warna bulu coklat tua kecuali pada sekitaran ambing yg berwarna putih dan pada area sekitaran mata yg bewarna coklat muda, Tipe sapi pedaging ini memang memiliki bentuk tubuh yang sangat besar sehingga jika disembelih bisa menghasilkan daging yang sangat banyak. secara genetik sapi Limousin ini ialah jenis sapi pedaging yang berasal dari daerah yg mempunyai iklim dingin dengan volume rumen yg besar, metabolic rate yg tinggi serta sangat menuntut tata cara pemeliharaan yg baik.

CIRI CIRI SAPI LIMOUSIN
  • Memiliki perawakan yang sangat besar 
  • Mempunyai bentuk yang sangat besar, panjang dan kompak
  • Mempunyai pertumbuhan bobot badan yang cukup cepat.
  • Sapi Limousin ini mempunyai warna bulu coklat tua kecuali pada sekitaran ambing yg berwarna putih dan pada area sekitaran mata yg bewarna coklat muda

Demikianlah sedikit informasi mengenai jenis-jenis sapi yang cocok untuk dibudidayakan, karena jenis-jenis sapi ini mempunyai nilai jual yang cukup tinggi, data ini kami olah dari berbagai sumber

Belum ada Komentar untuk "jenis-jenis sapi yang sangat cocok untuk dibudidayakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel