jenis-jenis penyakit yang biasa menyerang ternak kuda peliharaan

PETERNAKAN

jenis-jenis penyakit yang biasa menyerang ternak kuda peliharaan

Macam-Macam Penyakit Kuda - Jenis penyakit kuda dan cara mengobatinya perlu untuk diketahui bagi yang berprofesi sebagai peternak kuda, karena sudah pasti bagi seorang peternak kuda tidak ingin kuda peliharaan mati karena terkena penyakit. Ketika kuda terkena penyakit sangat dianjurkan penanganan yang cepat yaitu dengan cara pengobatan yang dilakukan langsung oleh peternak kuda itu sendiri. bagi yang belum mengetahui jenis penyakit yang biasa menyerang ternak kuda dan cara mengobatinya, berikut ini sedikit informasi mengenai jenis penyakit kuda dan cara mengobatinya. Baca Juga Mengenai : Penyakit non-infeksi pada ikan atau penyakit yang tidak menular pada ikan

Beternak kuda semacam layaknya seperti beternak sapi, beternak kerbau atau beternak kambing maupun beternak ayam, setiap saat penyakit dapat menjadi ancaman yang serius dan membahayakan bahkan dapat mematikan. Berikut jenis-jenis penyakit pada ternak kuda yang perlu untuk diwaspadai

Baca juga artikel lainnya:

Berikut ini adalah macam-macam jenis penyakit yang sering menyerang ternak kuda peliharaan: 

1. Penyakit Cacingan
jenis-jenis penyakit yang biasa menyerang ternak kuda peliharaan

Cacing gelang atau cacing putih adalah jenis cacing yang hidup pada usus halus dan Cacing gelang atau cacing putih ini merupakan parasit terbesar dalam usus kuda tetapi jenis cacing ini tidak menyebabkan kerusakan pada usus kuda. jenis cacing gelang atau cacing putih yang sering menyerang kuda adalah Parascaris Equorum. 

Tanda-tanda kuda terkena penyakit cacingan
Gejala-gejala yang ditimbulkan adalah kondisi kuda mudah lelah, bulu kasar, dan sering terjadi gangguan pada pencernaan menumpuk pada usus halus sehingga kuda tampak seperti kolik, dan cacing ini sewaktu-waktu bisa mengganggu hati dan paru-paru. 

Cara pengobatan penyakit cacingan pada kuda
Pencegahan dan pengobatan yang dapat dilakukan pada kuda yaitu dengan menjaga kebersihan, dan menempatkan kuda belo pada kandang atau menempatkan kuda di lapangan rumput yang bersih, membersihkan kotoran didalam kandang secara rutin, serta menyediakan air yang bersih. 
cara mengobati dan pencegahan penyakit cacingan pada kuda
Pemeriksaan telur cacing pada feses anak kuda akan menunjukkan negatif sampai umur 3 bulan sehingga pengobatan akan dilakukan pada saat anak kuda mulai mengkomsumsi rumput dan konsentrat. 

Cara pengobatan penyakit cacingan pada kuda yang dianjurkan adalah menggunakan karbon disulphida atau bisulphida. Selain itu obat cacing harus diberikan secara teratur dan penggunaan obat harus sesuai petunjuk dokter hewan walaupun belum menimbulkan gejala, bila gejala sudah muncul berarti kerusakan pada jaringan tubuh sudah terjadi. 

Baca juga tentang: 

2. Penyakit Perut kembung.
Macam macam jenis penyakit yang biasa menyerang ternak kuda peliharaan

Gejala kuda terkena kembung perut, apabila kuda peliharaan mengalami perut kembung, maka kuda tersebut akan berguling-guling di tanah semacam perut melilit. Hal ini bisa terjadi dikarenakan oleh pemberian pakan berupa hijauan yang tetap segar, pakan hijauan segar tetap tak sedikit kandungan gas sebagai pemicu perut kembung. akan tetapi ada juga penyebab lainnya perut kuda menjadi kembung.

Cara pengobatan penyakit perut kembung pada kuda
Penanganan dan pengobatan perut kembung pada kuda, Di antaranya yaitu membawa kuda jalan- jalan, kemudian lama-kelamaan kuda tersebut diajak lari-lari hingga kuda terkencing-kencing alias mengeluarkan kotoran. selain itu pemberian minuman berupa parutan buah pepaya yang dicampur dengan garam serta minyak goreng secukupnya. ataupun bisa juga memberikan soda yang ditambah dengan sedikit garam. Baca juga : CARA PENGENDALIAN PENYAKIT PADA IKAN LELE

3. Penyakit Diare Pada Kuda 
Macam macam jenis penyakit yang biasa menyerang ternak kuda

Penyakit diare adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi pada alat pencernaan. Kondisi lingkungan yang tidak kondusif menyebabkan kondisi tubuh menurun, dan suhu tubuh meningkat. 

Penyebab dan Gejala Diare Pada Kuda
Salah satu penyebab diare adalah alas kandang yang basah dan kontaminasi feses. Penyakit diare menimbulkan gejala berupa feses encer, kondisi tubuh menurun, lemah, pinggul berlumuran kotoran dan kuda akan kehilangan selera makan.

4. Flu pada kuda
macam macam penyakit yang biasa menyerang ternak kuda

Gejala dan tanda-tanda yang muncul dampak dari penyakit ini adalah hidung kuda terlihat berlendir, jadi nafas tak teratur. Cara Penanganannya adalah, bawa kuda jalan-jalan, kemudian lama-kelamaan kuda tersebut diajak berlari-lari. Sebaiknya memandikan kuda hanya sebatas kepala dan kakinya saja, serta memberi pakan dalam kondisi kering.

Nah, demikianlah uraian singkat mengenai jenis-jenis penyakit yang biasa menyerang kuda peliharaan, semoga informasi peternakan ini bermanfaat bagi kita semua.

Belum ada Komentar untuk "jenis-jenis penyakit yang biasa menyerang ternak kuda peliharaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel