hal hal yang sering membuat peternakan ayam rugi besar

HABALOEN

resiko dalam beternak ayam

Hal hal yang sering membuat peternakan ayam rugi besar - Ketika Anda memutuskan untuk terjun di dalam dunia bisnis, tak terkecuali bisnis ternak ayam maka Anda harus menganalisis resiko dan peluangnya. Apakah peluang tersebut lebih besar dibandingkan dengan risikonya atau justru sebaliknya. Meski begitu setiap risiko yang timbul ada cara mengatasinya masing-masing.

BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA:

Dewasa ini tidak sedikit para peternak yang mengalami kerugian pada peternakan ayam nya, kadangkala hanya cukup untuk biaya operasional saja. Padahal sudah mengeluarkan tenaga dan materi untuk mencurahkan segenap tenaga nya agar peternakan ayam nya selalu untung. Dibawah ini beberapa faktor yang sering membuat peternakan ayam rugi besar.

1. Faktor Kandang
Jangan abaikan kandang ayam, Coba di ingat sudah berapa lama kandang ayam anda berdiri ? Kalau memang sudah lama dan tidak layak segera lah anda perbaiki. Apalagi jika kandang ayam tersebut sudah beberapa tahun tidak pernah dibersihkan, kuman patogen akan selalu hinggap di kandang ayam tersebut.
Kalau anda memang punya dana lebih, segera bangun kandang Closed House, dengan kandang ini dapat menekan terjadinya penyakit dari luar.

2. faktor Lingkungan
Alangkan baiknya anda tidak beternak ayam di lingkungan atau kawasan yang kandangnya berdekatan dengan kandang ayam milik orang lain. Karena dengan kandang berdekatan merupakan biosecurity yang sangat buruk, bisa jadi jika kandang ayam milik orang lain terkena penyakit, ayam anda pun besar kemungkinan terkena imbas nya. Sebaiknya Hal ini di hindari.

3. Faktor Biosecurity yang Buruk
Biosecurity kandang ayam baik dari dalam maupun luar adalah hal yang paling utama sebagai benteng pertahanan kandang ayam kita. Kadang sering kita jumpai, ada orang lain masuk ke dalam kandang ayam kita tanpa menyemprotkan desinfektan terlebih dahulu, karena kuman penyakit bisa saja terbawa agen atau orang dari luar masuk ke dalam kandang ayam kita. Baca juga artikel tentang : Jenis Ayam hias, Ayam Batik (Sebrict) dan Ciri-cirinya
Masa kosong kandang terlalu cepat juga bisa mempengaruhi keberhasilan kandang ayam kita, minimal 2 minggu adalah masa kosong kandang ayam, biarkan kuman bibit - bibit penyakit mati terlebih dahulu.

4. Faktor SDM (Sumber Daya Manusia)
Mungkin banyak para peternak ayam pemula yang kurang kompeten dalam hal manajemen pemeliharaan, Waktunya pemberian pakan selalu di tunda-tunga, Kurang cekatan memisahkan antara ayam afkir dengan ayam sehat,

Demikianlah sedikit informasi mengenai faktor yang sering terjadi dalam usaha peternakan khususnya peternakan ayam, data ini kami olah dari berbagai sumber.

Belum ada Komentar untuk "hal hal yang sering membuat peternakan ayam rugi besar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel