Peternakan Sapi Hereford, Karakteristik / Ciri ciri Sapi Hereford dan Keunggulan Sapi Hereford yang perlu diketahui

Karakteristik / Ciri ciri Sapi Hereford dan Keunggulan Sapi Hereford

peternakan sapi hereford dan keunggulannya

Karakteristik Sapi Hereford - Sebelum kita masuk kepada pokok pembahasan yaitu mengenai sapi Hereford, ada baiknya juga kita mengetahui apa yang dimaksud dengan peternakan.

Peternakan yaitu kegiatan mengembangbiakkan dan membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat dan hasil dari kegiatan tersebut.

Ternak - ternak seperti sapi, kerbau, kambing, domba dan sebagai nya dipelihara untuk dimanfaatkan tenaga ataupun untuk diambil hasilnya dengan cara mengembangbiakkannya/membudidayakan sehingga dapat meningkatkan pendapatan para petani.

Agar ternak peliharaan seperti sapi, kerbau, kambing, domba tumbuh sehat dan kuat, sangat diperlukan pemberian pakan yang baik.

Pakan memiliki peranan yang sangat penting bagi ternak peliharaan, baik itu untuk pertumbuhan ternak maupun untuk mempertahankan hidup dan menghasilkan produk (anak, daging, susu) serta manfaat pakan sebagai sumber tenaga bagi ternak dewasa.


Agar ternak seperti sapi, kerbau, kambing, domba dan sebagai nya tumbuh sesuai dengan yang diharapkan, maka jenis pakan yang diberikan untuk ternak tersebut harus bermutu baik dan dalam jumlah yang cukup. Kemudian juga fungsi lain dari pakan adalah untuk memelihara daya tahan tubuh dan kesehatan ternak.

Pakan yang sering diberikan pada ternak kerja antara lain yaitu : pakan hijauan dan pakan konsentrat.
Karakteristik / Ciri ciri Sapi Hereford dan Keunggulan Sapi Hereford
Selain itu pengertian peternakan tidak terbatas pada pemeliharaaan hewan ternak, memelihara/ budidaya ternak dan peternakan perbedaannya terletak pada tujuan yg ditetapkan.

Yang menjadi tujuan utama peternakan yaitu mencari keuntungan dengan penerapan prinsip - prinsip manajemen pada faktor - faktor produksi yg telah dikombinasikan secara optimal.

Berdasarkan dari ukuran hewan ternak, bidang peternakan dapat dibagi menjadi 2 golongan, yaitu peternakan hewan besar seperti Unta, Kerbau, Kuda, dan sapi, kelompok kedua yakni peternakan hewan kecil seperti bebek, ayam, kelinci, burung dan lain sebagai nya.

Baca juga :


MANFAAT BETERNAK / BUDIDAYA SAPI

Manfaat yang dapat diambil dari usaha beternak sapi selain diambil hasil dagingnya dan susu, sapi juga dapat diambil hasil kulitnya, kemudian kotorannya bisa dimaanfaatkan untuk pupuk. Bahkan jenis - jenis sapi tertentu dapat diambil hasil bulunya untuk bahan kain wol. Berikut adalah jenis sapi yang sangat cocok untuk dibudidayakan, karena jenis sapi ini mampu menghasilkan daging yang luar biasa.


JENIS SAPI HEREFORD

Karakteristik / Ciri ciri Sapi Hereford dan Keunggulan Sapi Hereford

Asal Usul Sapi Hereford

Sapi Hereford adalah jenis sapi yang berukuran tubuh sangat besar yang berasal dari daerah Hereford yang terletak di lembah antara Severn River dan Wales, britania raya (Inggris) yang dikenal dengan white face cattle.

Sapi hereford mempunyai banyak sekali keunggulan diantaranya memiliki daya adaptasi yang sangat bagus sehingga sapi Hereford ini telah tersebar di lebih dari 50 Negera. Sapi hereford pertama kali di ekspor dari Inggris pada tahun 1817-an, mulai dari negara Amerika Serikat, Australia, Kanada, Meksiko, Rusia.

Sifat-sifat yang menjadi kelebihan dari sapi jenis Hereford diantaranya adalah daya adaptasi, ketahanan, kemampuan merumput. tulang-tulang yang cukup kuat, dan perdagingan yang tebal, Efisiensi reproduksi, disposisi serta tempramen yang baik.

Saat ini terdapat 2 bangsa Hereford, yaitu sapi Hereford bertanduk yang merupakan bangsa sapi Hereford murni (asli) dan sapi hereford yang tidak bertanduk atau disebut juga polled Hereford. Bangsa sapi hereford asli memiliki tanduk, dengan arah tumbuh kedalam dan kebawah.

Sapi hereford juga disilangkan dengan jenis sapi Brahman sehingga menghasilkan jenis sapi Brahman Cross, jenis Sapi ini merupakan jenis sapi potong atau sapi pedaging.

Warna bulu Sapi hereford termasuk yang paling unik diantara jenis jenis sapi lain, yaitu warna putih pada bagian muka dan warna merah di bagian badan dengan warna putih mulai dari leher, brisket, flank dan switch, serta di bagian bawah lutut.

Jenis Sapi Hereford memiliki ukuran badan medium sampai berat. Baik Hereford jantan maupun hereford betina masing-masing dapat mencapai berat 1.200 dan 800 kg.

Berat lahir sapi hereford ini juga termasuk medium, sedangkan berat sapihnya tergolong antara medium sampai berat.

KEUNGGULAN DAN KARAKTERISTIK SAPI HEREFORD

Ciri ciri Sapi Hereford dan Keunggulan Sapi Hereford, pakan sapi hereford

Keunggulan / Kelebihan Sapi Hereford

  • Sapi Hereford Jantan dewasa bisa mencapai berat 900 kg hingga 1 ton, Sapi Hereford betina bisa mencapai bobot badan sekitar 750 kg
  • Daya adaptasi sapi Hereford terhadap lingkungan bagus terutama untuk daerah beriklim dingin / sub tropis
  • Kemampuan reproduksi sapi Hereford sangat baik
  • Temperamen sapi bagus
  • Daya tahan tubuh bagus
  • Penulangan kuat dan kokoh
  • Perdagingan bagus, urat daging padat dan berkualitas
  • Sapi Hereford sangat cocok dipelihara dipadang penggembalaan
  • Kualitas Karkas bagus
  • Kemampuan merumput sapi Hereford sangat baik

Karakteristik Sapi Hereford

  1. Tingkat pertumbuhannya sangat cepat dan produktifitasnya juga tinggi.
  2. Bertubuh rendah, tegap, lebar, rata, dan berurat daging padat.
  3. Tulang kuat dan perdagingannya tebal.
  4. Sapi Hereford berwarna merah pada bagian muka, dada, perut bagian bawah, kaki bagian bawah, dan rambut ekor berwarna putih.
  5. Bobot sapi Hereford jantan dewasa sekitar 1.200 kg dan bobot betina dewasa 800 kg.
  6. Sapi Hereford memiliki tanduk dengan arah tumbuh ke dalam dan ke bawah.
  7. Tingkat ketahanan dan kemampuan sapi Hereford dalam merumput terbilang baik.
  8. Tempramennya juga termasuk baik.

Baca juga informasi lainnya:


MANAJEMEN DALAM BETERNAK SAPI

Manajemen pemeliharaan ternak khususnya ternak sapi diperkenalkan sebagai upaya untuk dapat memberikan keuntungan yang optimal bagi pemilik peternakan.

Dalam manajemen pemeliharaan ternak sapi dipelajari, antara lain : Seleksi bibit, kandang ternak,  kesehatan hewan Ternak, Sistem perkawinan, Tata Laksana pemeliharaan dan pemasaran hewan ternak.

Memberi pakan ternak yang berkualitas atau mengandung gizi yg cukup akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh sehat, berkembangbiak dengan baik, ternak akan cepat gemuk, jumlah anak yang lahir dan hidup sampai disapih meningkat dan jumlah ternak yang mati atau sakit akan berkurang.


TUJUAN PEMELIHARAAN TERNAK SAPI
Karakteristik / Ciri ciri Sapi Hereford dan Keunggulan Sapi Hereford

Usaha pemeliharaan atau budidaya hewan ternak khususnya sapi  saat  ini bertujuan untuk penggemukan (fattening) dan untuk pembibitan  (reproduksi). 
Sistem  pemeliharaan atau budidaya sapi untuk  tujuan penggemukan (fattening) dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu :
  1. Penggemukan pasture fattening, ini merupakan cara penggemukan sapi dengan cara melepas ternak sapi di padang penggembalaan.
  2. Penggemukan  dry lot fattening, dan ini merupakan cara  penggemukan sapi dengan cara pemberian pakan penguat atau pakan konsentrat yang terdiri dari : jagung, biji-bijian serta  hasil  ikutan  produk pertanian seperti bungkil kelapa, bungkil kacang dan katul. Pada pola ini   ternak dikandangkan terus menerus.
  3. Penggemukan sapi campuran, merupakan perpaduan antara pasture fattening dan dry  lot fattening. Selain digembalakan  juga  diberi  pakan  penguat atau konsentrat.
Demikianlah informasi mengenai peternakan sapi yang meliputi : pengertian peternakan, manfaat peternakan, jenis sapi hereford dan ciri ciri sapi hereford dan keuntungan beternak sapi hereford. data tentang peternakan sapi hereford ini kami olah dari berbagai sumber.

Belum ada Komentar untuk "Peternakan Sapi Hereford, Karakteristik / Ciri ciri Sapi Hereford dan Keunggulan Sapi Hereford yang perlu diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel